nusakini.com - Jakarta - Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar meninjau progres normalisas tiga waduk yang ada di wilayahnya

Dalam peninjauan tersebut Anwar didampingi sejumlah pejabat, antara lain Asisten Ekbang, Kusmanto, Kasudin SDA, Santo, Kasudin Kehutanan, Christian Tamora Hutagalung, Kasudin Bina Marga, Muhammad Soleh, Kasstpol PP, Budi Novian dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

“Peninjauan ini kami lakukan untuk melihat dan memastikan progres normalisasi Waduk Pondok Ranggon, Waduk Tiu, dan Embung Wira Jasa berjalan dengan lancar,” ujar Muhammad Anwar, Wali Kota Jakarta Timur

Ia menuturkan, meski normalisasi ketiga waduk tersebut belum rampung seratus persen, namun ketika hujan kemarin, ketiga waduk ini sudah bisa meminimalisir genangan serta banjir di wilayah tersebut.

"Padahal jika posisi Sunter Hulu ketinggian air 250 sentimeter dan siaga 2, maka Cipinang Melayu dan sekitarnya tergenang 1-2 meter. Namun kemarin tidak ada genangan di sepanjang bantaran Kali Sunter,” tuturnya.

Soal proses normalisasi ketiga waduk itu, Anwar menyebutkan, untuk Waduk Pondok Ranggon, ada empat alat berat yang masih digunakan untuk pengerukan waduk seluas kurang lebih sebelas hektare ini.

Selain mengeruk, alat berat juga digunakan untuk meninggikan tanggul di waduk.

Kemudian untuk pembangunan sodetan Kali Sunter menuju Waduk Tiu di Setu dan pembangunan Embung Wira Jasa di RW 06 Cipinang Melayu, Makasar masih dalam proses dan terus dikebut.

“Harapannya, proses normalisasi ini lekas rampung, dan genangan serta banjir di wilayah kami bisa diminimalisir,” tandasnya.